Ramadan dan Keutamaannya

Keutamaan dan keistimewaan pada Bulan Ramadan



Tinggal menghitung hari bulan Ramadan akan tiba. Tentunya kita sangat menantikan kehadiranya. Karena bulan ramadan adalah bulan yang penuh keberkahan, maghfirah, dan lain sebagainya. 

Dalam hitungan, bulan suci Ramadan tahun ini akan jatuh pada bulan April 2020 (tanggal menunggu keputusan pemerintah). Selain diwajibkannya berpuasa sebulan penuh, pada bulan suci ini banyak keistmewaan dan keutamaan-keutamaan didalamnya. Sehingga hal ini sangat disayangkan bila kita sebagai umat muslim menyia-nyiakan kedatangannya. Telah disebutkan dalam ayat Qur’an dan hadits yang menunjukkan keistimewaan dan keutamaan atas bulan tersebut. 

“Sangat disayangkan kita sebagai umat muslim menyia-nyiakan keistimewaan pada bulan suci Ramadan”

Lalu apasaja keutamaan dan keistimewaan Ramadan?  

Bulan Ramadan adalah Bulan penuh berkah
Selurunya bulan ramadan adalah bulan yang penuh berkah namundalam suatu literatur keberkahan ramadan dibagi menjadi tiga bagian; 
Sepuluh hari pertama merupakan periode penuh akan rahmat
Sepuluh hari kedua merupakan periode penuh maghfirah/ampunan\
Sepuluh hari terakhir merupakan periode pembebas manusia dari api neraka.

Diturunkannya Al Qur’an
Dalam bulan ramadan alquran telah diturunkan hal tersebut telah diabadikan dalam surat albaqarah ayat185 allah berfirman “ bulan ramadan adalah bulan diturunkannya (permulaan) alquran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan sebagai pembeda (antara yang haq dan bathil), Barang siapa diantara kalian hadir (menyaksikan) di bulan itu maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, (QS. AlBaqarah: 185).

Terdapat “Lailatul Qodar”
Lailatul qodar yaitu malam yang didalamnya lebih baik daripada seribu bulan. Allah SWT telah berfirman dalam Aal Quran surat Al Qadr ayat 1-5 yang artinya:\
“Sesungguhnya telah menurunkan Al Quran pada malam Qodr (malam kemulyaan). Dan apakah kamu mengetahui lailatul qodr itu?. Lailatul qodr adalah malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun paea malaikat dan malaikat Jibril dengan izin tuhannya untuk mengatur segala urusan. Pada malam itu (terdapat penuh) kesejahteraan sampai terbitnya fajar”. (QS. Al Qadr. 1-5)

Bulan Maghfirah/Pengampunan
Dalam sebuah hadits Rosulullah SAW bersabda, “Barangsiapa menunaikan sholat pada malam lailatul qodr dengan keimanan dan mengharap ridla Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya terdahulu. Dan barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadan dengan penuh keimanan dan ketululusan (mengharap rida Allah), maka akan diampuni dosa-dosa yang telah lewat”. HR. Bukhari.

Demikian keistimewaan serta keutamaan bulan suci Ramadan. Masih banyak keutamaan dan keistimewaan lainnya yang tidak termaktub dalam tulisan ini. semoga  dapat memberikan manfaat dan kita sebagai umat islam dapat menjalankan amalan dan ibadah di bulan Ramadan dengan penuh khusyu’ dan khidmat, diampuni segala dosa-dosa kita, sehingga ketaqwaan kita sebagai hamba Nya semakin dalam. Dan semoga kita  dipertemukan dengan Ramadhan-Ramadhan selanjutnya. Amiin..
Terimakasih.



Penulis: A’an heri Ustadzi

Tim Redaksi: aan Heri Ustdadzi & Muhammad Arifin

Follow on instagram: @aanustadzi / @ariefmanba

Email : aanheri2929@gmail.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendekatan Antropologi dalam Penelitian Hukum

Sejarah Makam Waliyullah Ki Ageng Singkil (Ki Ageng Nguncup) dan Nyai Roro Sekarjati- Sidomulyo Kenteng Toroh Grobogan